Bookmarks


Ingin membuat web dengan mudah, daftar dan bergabung di :

Ingin mendownload Music di :

Kamis, 26 Februari 2009

Sekilas Tentang WiMAX



Overview



Sampai saat ini pengguna internet nirkabel (wireless) telah dibuat penasaran dengan akan segera munculnya  teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). WiMAX merupakan evolusi dari teknologi broadband wireless sebelumnya. Teknologi ini didesain untuk memenuhi kondisi non LOS (Line of Sight) karena menggunakan teknik OFDM.

Seperti halnya WiFi, WiMAX memungkinkan koneksi internet secara nirkabel, dengan kecepatan mencapai 70 megabit per detik atau 35 kali lebih cepat dari saluran ADSL.

Secara teknis standar baru yang dinamai 802.16 ini, juga memiliki daya jangkau
hingga puluhan kilometer bandingkan dengan kemampuan WiFi yang hanya ratusan meter. Hingga tulisan ini dibuat WiMAX masih merupakan hal yang baru. Artikel berikut merupakan gambaran sekilas WiMAX baik dilihat dari sisi teknologi, konfigurasi, standar maupun tantangannya.

Posisi Teknologi WiMAX

Bila teknologi broadband Wireless sebelumnya masih bersifat proprietary, maka WiMAX  akan bersifat open standard (layaknya GSM dan CDMA pada komunikasi seluler serta WLAN dengan standar IEEE 802.11).

Banyak teknologi wireless (nirkabel)yang telah digelar di lapangan seperti seluler (GSM atau CDMA), Broadband Wireless Access (Wireless IP atau Wireless DSL), Wireless LAN (standar 802.11 a/b/g), maupun Wireless PAN (bluetooth atau RFID). Posisi WiMAX bila dikaitkan dengan teknologi dimaksud dapat digambarkan seperti gambar diatas.

Teknologi WiMAX juga menjanjikan fitur-fitur yang mampu bersaing dengan ASDL dan standar telepon mobile generasi ketiga (3G).

Menurut laporan Telecom view, WiMAX akan mengambil sekitar 40% pasar nirkabel pita lebar pada 2009. Bersamaan dengan itu, WiMAX akan menjadi pesaing utama bagi seluler generasi ketiga (3G) yang akan menguasai 60% pasar nirkabel pita lebar pada saat yang sama.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar